Senin, 19 Februari 2018

Kiat berbahasa

Cara Praktis Mengikis Salah Ucap Dalam Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris membutuhkan kesabaran dan pengorbanan. Siapa saja yang memiliki dua sifat ini akan menjadi pembelajar yang baik dan akan mendapatkan keberhasilan kelak. Meskipun ada dua jenis pembelajar yaitu pembelajar cepat dan lambat tetap keduanya membutuhkan waktu untuk belajar yang tepat. Waktu juga yang akan menentukan apakah kita akan menjadi cakap dalam berbahasa Inggris atau tidak. Tentunya semuanya bergantung pada diri kita sendiri. Dan hal itulah yang paling penting dalam menggapai sukses. 
Dalam belajar bahasa Inggris, tentu masing-masing orang memiliki cara yang berbeda ketika mereka mencoba meningkatkan kemampuannya. Kebanyakan dari mereka menghadapi dan membuat kesalahan yang mereka tidak sadari sehingga sebagian ada yang frustasi karena dianggap tidak memiliki kompetensi. Sebagian lagi membuat strategi untuk menghadapinya dengan cara sendiri sebagian lagi menyerah karena terlalu lelah.
Salah satu kesulitan yang sering dihadapi oleh pembelajar adalah penngucapan yang salah pada kata-kata bahasa Inggris. Kadang-kadang salah ucap ini tidak disadari oleh si pembelajar karena kadung mengikuti orang lain yang salah ucap sehingga melekat dengan kuat dibenaknya. Tentunya hal ini tidak mudah untuk diluruskan. Bagaimana caranya supaya si pembelajar menyadari bahwa dia membuat kesalahan adalah perlu taktik apik untuk menghadapinya. Karena kita tidak mau pembelajar merasa tersinggung dan berakibat fatal karena akan menghilangkan motivasi belajarnya.       
Dibawah ini dipaparkan beberapa saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi persoalan seperti ini. Pertama adalah gunakan telinga dalam belajar bahasa Inggris. Artinya kita harus lebih sering mendengar daripada berbicara. Tentunya mendengar sesuatu yang dapat menambah keterampilan kita dalam mendengar. Misalnya mendengarkan lagu berbahasa Inggris, menonton film dan menyimak cara pengucapannya dan mendengarkan dialog lawan bicara kita.     
Kemudian, kurangi frekuensi membaca huruf dalam kosakata Inggris. Karena terlalu sering membaca huruf bukan kebiasaan yang baik. Ini akan berpengaruh pada penyimpanan memori di otak kita. Makanya gunakan dulu telinga untuk menyimak bagaimana cara pengucapannya. Sehingga kita akan terbiasa mengucapkannya dengan baik dan benar.
Kedua, jangan pernah meniru orang yang salah pengucapannya.Tentunya kita tidak akan mengetahui secara langsung seandainya ada yang salah ucap. Namun kita dapat menyiasatinya dengan mengecek kamus standar kita tatkala kita mendengar pengucapan satu kata yang kurang menyakinkan. Kebiasaan membuka kamus untuk menyakinkan diri kita akan mempercepat kefasihan kita dalam mengucapkan kosa kata Inggris. Kemudian manfaatkan seandainya ada kesempatan untuk berbicara dengan orang asing. Ini akan mempertajam bahasa Inggris kita meskipun waktunya hanya sebentar. Kita dapat merasakan perubahan yang spektakuler pasca pertemuan itu.  
Ketiga, berkaitan dengan masalah over confidence. Banyak yang sudah belajar bahasa Inggris dan merasa bahwa dirinya hebat maka mereka menciptakan versi sendiri dalam perihal pengucapannya. Ini tentunya akan mengurangi kualitas kemampuan bahasa Inggris mereka sendiri dan kadang-kadang memalukan. Hindari hal ini karena berdampak kurang baik untuk diri kita.
Akhirnya, pembelajar yang baik adalah pembelajar yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang dicapai hari ini. Artinyapembelajar akan terus belajar dan belajar karena mereka yakin bahwa dengan melakukan hal itu akan menyempurnakan apa mereka miliki.Sesuai dengan apa yang mereka katakan bahwa practice makes perfect. Semoga berhasil.         

Penulis:
Dr. Syarif Hidayat, S.Pd.M.T.
Pengawas Dinas Pendidikan
Provinsi Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar